Mengenal bahan body kit

26

Okt

Mengenal bahan body kit

Otomotif


Penggunaan body kit dalam kendaraan menjadi hal yang sudah sangat terkenal di dalam dunia modifikasi hal ini dilakukan untuk membuat tampilan kendaraan menjadi lebih menarik untuk dilihat. Namun perlu diketahui bawa material pembentuk body kit menentukan kualitasnya.

Terdapat tiga material yang biasa digunakan dalam proses pembuatan body kit, material tersebut diantaranya fiberglass, polyurethane atau biasa disebut plastic dan karbon. Masing-masing material tersebut memiliki kekurangan dan kelebihanya tersendiri.

Fiber merupakan material paling popular di dunia body kit, hal ini dikaenakan material ini tebilang murah dan mudah untuk dibuat. Namun material fiber tidak memiliki kekuatan dan kelenturan, hal ini membuat material ini sangatlah mudah rusak bila terkena benturan baik benturan keras maupun benturan yang tidak telalukeas.

Plastic tidak kalah populernya dengan fiber dalam dunia body kit, plastik memiliki 2 vaian yaitu ABS(Acrylonitrile Butadiene Styrene) dan biasa. Perbedaan keduanya cukup signifikan dari kualitas maupun harga.

Perbedaan kedua varian tersebut dapat dilihat dari ketahananya dimana plastik biasa mudah  pecah dan rigid sedangkan ABS tidak mudah pecah dan fleksibel, hal ini juga yang menyebabkan harga dari plastik ABS cukup mahal dibandingkan dengan yang biasa.

Karbon material body kit yang sangat mahal dibandingkan dua material sebelumnya hal ini dikarenakan kabon memiliki keunggulan kekuatan dan bobot yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan dua material sebelumnya.

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar